BUDAYA

KUNJUNGAN PADUKA SULTAN TERNATE KE BOLMONG SULUT DI SAMBUT MERIAH.

 

PIKIRAN UMMAT.Com—Ternate||Kunjungan Sultan Ternate Hidayatullah H.Mudhafar Sjah ke Kabupaten Bolaangmongondo provinsi Sulawesi Utara Agustus  kemarin mendapat sambutan meriah Pemda dan masyarakat adat setempat.

Hal itu terlihat sejak agenda kunjungan Hari Pertama dan Kedua Kunjunga paduka Sultan di bumi nyiur melambai itu mulai tanggal, 3 dan 4 Agustus 2022.

Pelukan hangat dan tangis haru mewarnai pertemuan Sultan Hidayatullah dengan warga yang oleh warga setempat telah lama dinantikan itu.

Lawatan paduka Hidayatullah ke Kabupaten Bolaangmangondo selain atas undangan Bupati juga dalam rangka pelantikan Bupati BOLMONG sebagai Salahakan dan perangkat adat setempat.

Meriahnya sambutan sejak Rombongan Sultan Ternate tiba Bandara Sam Ratulangi pukul 14.15 WITA disambut oleh Protokoler Pemda Provinsi Sulawesi Utara, beristrahat sebentar kemudian melanjutkan perjalanan menuju Boloamongondow Timur tepatnya di Ibukota Tutuyan.

Pukul 19.45 Rombongan Sultan tiba di Tutuyan disambut oleh Asisten 1, 2, 3 beserta jajaran OPD di Rumdis Bupati dan dijamu dgn makan malam.

Setelah berbincang sebentar rombongan Sultan menuju hotel tempat menginap utk beristrahat.
Besoknya Kamis 4 Agustus pukul 09.45 WITA berkunjung ke Kantor Bupati dan disambut oleh Bupati Bolmong Timur Sam Sachrul Mamonto beserta seluruh jajaran OPD, Sultan Hidayatullah bersama tombonga dijamu sarapan pagi dan kemudian bersama-sama dengan rombongan Sultan Bupati Sam Sachrul menuju ke Desa Matabulu ýg berjarak tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Setibanya di Desa Matabulu rombongan disambut oleh Sangadi/ Kepala Desa Matabulu bersama beberapa Sangadi sekitarnya beserta seluruh masyarakat.

Di desa ini Sultan sangat terharu karena rupanya penduduk Matabulu terdiri dari etnis Mongondow, Gorontalo dan etnis Maluku yakni keturunan dari Tidore, Ternate, Makian, dan Gane yg telah mendiami tempat ini sejak tahun 1919.

Orang- Maluku yang telah kawin-mawin dan baranak-pinak disini menyambut Sultan dengan tangisan haru dan bahagia karena sekian lama baru dikunjungi Sultan. Begitu juga Sultan memeluk mereka dengan haru.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan Penobatan Bupati Bolmong Timur Sam Sachrul Mamonto sebagai Salahakan atau wakil Sultan di wilayah Bolaamongondow. Kemudian dilanjutkan dengan sinonako Faruk Disi putra Sulamadaha Sangaji Bolaamongondow Raya, Fanyira Tutuyan, Kapita Tutuyan dan Dopolo Baro- baro Tutuyan.

Acara sangat meriah diikuti oleh seluruh masyarakat, OPD, Kecamatan dan beberapa desa. Rombongan Sultan kemudian kembali ke Tutuyan pukul 16.00 WBTI(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *