BUDAYA

GUBERNUR AGK SAMBANGI PERAYAAN NATAL BERSAMA WARGA KRISTIANI HALMAHERA DI MANADO-SULUT.

Kakanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe Dan Tokoh Kristiani Halmahera Pendeta Abner Turut Hadir.

PIKIRAN UMMAT.Com—Manado||Gubernur Maluku utara H.Gani Kasuba manyambangi  perayaan natal bersama warga  Hamahera di Manado, Selasa (27/12/2022).Hal itu diketahui dari vidio live streming oleh warga nitizen atas nama Zaldy yang dikutip media ini.

Terlihat di vidio, kedatangan Gubernur disambut dengan tarian perang cakalele, tarian khas warga Togale-Halmahera dalam menyambut kedatangan tamu penting dan istimewa oleh beberapa penari dengan alat salawaku dan pedang dengan  balutan pakaian khas suku Togale-Halmahera.

Gubernur Malut dua periode itu atas nama pemerintah daerah provinsi Maluku utara menyampaikan sambutanya.

Foto Bersama Gubernur Yang Diapit Kakanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe Dan Tokoh Kristiani Halmahera Pendeta Abner di sela-sela acara perayaan Natal Warga Kristiani Halmahera di Manado, Selasa,(27/12/2022).

Terlihat ruang dimana acara natal berlangsung dipenuhi jemat kristiani Halmahera .Mereka antusias mengikuti sambutan Gubernur  H.Gani Kasuba yang tampil dengan balutan batik berwarna merah dengan kopiah hitam khasnya.

Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara H.Sarbin Sehe nampak turut menghadiri acara perayaan Natal tersebut.Pendeta Abner dari Sofifi juga nampak dalam sebuah foto bersama Gubernur dan Kakanwil Kemenag Sarbin Sehe dilokasi acara natal.

Gubernur H.Gani Kasuba dalam sambutan natal nya menyampaikan merupakan suatu kebahagian bertemu masyarakat Halmahera di Manado.

“Suatu kebahagian bisa bertemu masyarakat Halmaherah yang begitu banyak di Manado. Kebahagian ini sulit dilukiskan, apalagi sebelum datang sempat terhalang cuaca buruk,” ujarnya.

AGK bercerita sempat diminta untuk tidak usah berangkat ke Manado karena cuaca buruk. “Bupati Halmaerah Barat, James Uang tidak bisa datang karena cuaca buruk. Pesawat memang sempat tidak bisa mendarat Ternate. Tapi puji Tuhan, perkenan Tuhan akhirnya saya bisa sampai dan bertemu masyarakat Halmaherah di Manado,” ungkapnya.

Di kesempatan itu AGK mengimbau masyarakat Halmaherah untuk menjaga persatuan dan kerukunan. Ia juga meminta masyarakat untuk semangat menjalani aktivitas. “Selamat merayakan Natal,” katanya.

AGK juga menyampaikan kabar gembira ke masyarakat Malut di Sulut  tentang sejumlah penghargaan yang diperoleh selama menjabat Gubernur Maluku Utara seperti provinsi dengan tingkat perekonomian tertinggi, tingkat inflasi terendah, provinsi paling bahagia dan paling aman.

Secara khusus, ia memuji kerukunan dan keberagaman yang terawat baik di Sulut.  “Kita perlu belajar tentang keberagaman di Sulut. Pokoknya Sulut salah satu daerah aman, terbaik dan luar biasa,” ucapnya.

Ia juga berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Sulut yang sudah menerima baik warga Halmaherah. “Semua diterima dan ditampung dengan baik,”

Kepala Biro Adpin Rahwan K Suamba turut menyertai Gubernur AGK di acara natal KKB Halmahera tersebut membenarkan kegiatan Gubernur Malut H.Gani Kasuba ini ketika dikonfirmasikan hal ini.

”Iya terlihat di vidio seperti itu”aku dia.(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *