HEADLINEPEMERINTAHAN

Buka Musrembang RKPD, Ini Beberapa Isu Strategis Menurut Bupati Bassam Kasuba

PIKIRAN UMMAT.COM—HALSEL||Musrenbang Kabupaten Halmahera Selatan merupakan momentum strategis dalam merumuskan arah pembangunan daerah untuk periode yang akan datang.Hal itu disampaikan Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba saat membuka Musrembang, Kamis (04/04/2024).

Musrembang dihadiri oleh Sekda Halmahera Selatan, Kepala Bappeda, para Pimpinan OPD, Camat dan Tamu Undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati mengajak para hadirin untuk bersama-sama merencanakan strategi inovatif dan berkelanjutan untuk memajukan Kabupaten Halmahera Selatan.

Kata Bupati,  banyak aspek pembangunan yang perlu diperhatikan mulai dari pembangunan infrastruktur, pembangunan ekonomi lokal hingga pelestarian lingkungan, dan Musrembang dijadikan sebagai wahana untuk membangun konsensus dan kesepahaman bersama dalam mencapai tujuan pembangunan yang lebih baik.

“Perumusan RPJPD dan RKPD merupakan bagian dari perencanaan pembangunan daerah yang nantinya disusun dengan memperhatikan 4 pendekatan yakni, pendekatan Teknokratis, Partisipatif, Politik, dan Perpaduan antara Bottom Up dengan Top Down Planning”,ucapnya.

Bupati yakin bahwa setiap langkah dan keputusan yang diambil akan selalu berpegang teguh pada nilai keadilan, integritas, dan kebersamaan.

“Kita dapat memahami bahwa Musrembang tidak hanya sebagai acara formalitas belaka, tetapi sebuah kesempatan untuk para pemangku kepentingan daerah merumuskan arah pembangunan yang lebih baik. Melalui Musrembang, masyarakat dan pengambil kebijakan dapat terlibat dalam proses perencanaan pembangunan daerah, sehingga dapat meningkatkan partisipasi dan rasa memiliki masyarakat terhadap pembangunan”,ungkapnya.

Kata Bupati juga, penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk lebih terbuka dan transparan dalam proses perencanaan pembangunan daerah agar dapat meningkatkan akuntabilitas dan efektivitas pembangunan. Partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan pembangunan daerah juga dapat membantu pemerintah menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan membangun kepercayaan antara pemerintah dan masyarakat.

“Musrembang di Kabupaten Halmahera Selatan bahwa perencanaan pembangunan daerah harus melibatkan semua pihak yang terkait, termasuk masyarakat. Proses perencanaan yang baik akan menghasilkan strategi pembangunan yang inovatif, berkelanjutan dan memiliki dampak positif bagi masyarakat”,ujarnya.

“Mari kita menjadikan Musrembang sebagai kesempatan untuk membangun konsensus dan kesepahaman bersama untuk pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan”,lanjut Bupati Halsel Bassam Kasuba

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *