HALSELHARITA Nickel

HARITA Nickel Berqurban 1445 H/2024 M, Begini Pelaksanaanya.

Idul Adha 1445 H, Harita Nickel Salurkan 26 Ekor Sapi di Lingkar Operasionalnya

PIKIRAN UMMAT.Com—Hal-Sel||  21 Juni 2023, Perusahaan pertambangan dan teknologi pemrosesan nikel terintegrasi  berkelanjutan di Pulau Obi, Harita Nickel, menyalurkan hewan kurban sebanyak 26 ekor sapi dalam rangka merayakan Iduladha 1445 H/2024 M.

Head of External Relations Harita Nickel, Latif Supriadi, mengatakan penyaluran hewan kurban rutin dilakukan setiap tahun sebagai wujud ungkapan syukur dan kepedulian perusahaan kepada masyarakat di sekitar operasionalnya.  

Melalui momen Iduladha tahun ini, Harita Nickel ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat khususnya di sekitar operasional, sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat secara langsung keberadaan perusahaan. Semoga dengan kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi kami dengan masyarakat lokal,” kata Latif, Kamis (20/6).

Lebih lanjut Latif menyampaikan, seluruh hewan kurban telah diserahkan sebelum perayaan Idul Adha  yang jatuh pada 17 Juni 2024. Secara rinci, sebanyak 18 ekor sapi disalurkan ke desa lingkar operasional Harita Nickel di Pulau Obi yang tersebar di tiga kecamatan.

Hewan kurban diserahkan secara langsung kepadaimam selaku pemuka agama Islam di masing-masing desa, dengan disaksikan unsur pemerintahan desa setempat,” terangnya.

Sementara itu, imbuhnya, sebanyak 8 ekor sapi lainnya diserahkan kepada masyarakat yang ada di Kota Labuha, Halmahera Selatan, dan Kota Ternate.

 

Kepedulian Harita Nickel terhadap masyarakat, khususnya di Pulau Obi, mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya, Ishak La Puasa, tokoh agama di Desa Soligi, menyampaikan ucapan terimakasih kepada perusahaan yang telah menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat di desanya.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya yang telah dilakukan perusahaan melalui pemberian hewan kurban ini. Tentunya kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan semakin mempererat hubungan antara perusahaan dengan masyarakat Desa Soligi,” ujarnya.

Ishak juga menyampaikan apresiasi atas perhatian perusahan dalam perayaan Idul Adha  di Desa Soligi. Selain menyalurkan hewan kurban, dikatakan perusahan juga hadir dalam pagelaran kesenian Ngibi yang rutin diadakan bersamaan dengan momen Idul Adha. Pagelaran kesenian yang rutin digelar setiap tahun ini merupakan ajang untuk melestarikan tradisi dan sekaligus merajut kebersamaan antar warga.

Pagelaran kesenian Tari Ngibi tahun ini digelar dalam suasana perayaan Idul Adha. Tepatnya sehari setelah Masyarakat Desa Soligi yang mayoritas beragama Islam merayakan hari raya kurban.

Selain itu, sebagai salah satu desa yang paling dekat dengan area operasional Harita Nickel, Desa Soligi juga memiliki tradisi yang unik dalam perayaan Idul Adha. Di mana hewan yang hendak dikurbankan akan diberimakan, dimandikan, dan diberi parfum. Kemudian, hewan kurban akan diselimuti kain putih dan dibawa mengelilingi masjid sebanyak 3 kali. Barulah hewan tersebut disembelih sesuai dengan syariat agama Islam.

Menurut Ishak, tradisi ini sudah ada sejak nenek moyang dan diwariskan secara turun temurun. “Ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur sebelum hewan kurban disembelih dan dibagikan kepada masyarakat. Selain itu, juga sebagai bentuk pemaknaan dari bentuk kasih sayang Nabi Ibrahim kepada anaknya, Nabi Ismail.” pungkasnya.(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *