Hal-timHEADLINE

Jadi Irup HUT Kabupaten Hal-Tim ke 21, Begini Pandangan Bupati Ubaid Yakub.

“HUT Hal-Tim ke 22 Sebagai Falsafah RESTROFEKTIF”

PIKIRAN UMMAT.Com—Maba||Tepat hari Sabtu, tanggal 1 Juni 2024 yang bertepatan pula dengan HUT Pancasila, Pemda Kabupaten menggelar upacara peringatan hari lahir atau HUT Kabupaten Halmahera Timur yang ke 21 tahun.Upacara digelar di Halaman upacara Kantor Bupati Hal-Tim itu dipimpin Bupati Hal-Tim sebagai Inspektur Upacara.

Seluruh jajaran Pemda Hal-Tim mulai Bupati dan Nyonya Hj.Ubaid Yakub, Wakil Bupati dan Ny Anjas Taher, Sekda dan Ny.Ir.Ricky Chaerul Richfat, ST.MT dan Ny.R.C.Richfat, seluruh Pimoinan OPD dan ASN, para camat dan Kepala-Kepala desa serta tamu undangan tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda.

Jajaran Forkopimda turut hadir dalam perayaan penuh istimewa bagi Pemda dan rakyat Hal-Tim ini.

Bupati Hal-Tim Ubaid Yakub dalam sambutanya menyatakan bahwa “HUT Hal-Tim ke 21 secara filosofis bermakna restroapektif yaitu dengan peringatan hari ulang tahun kita berupaya untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah dan sebuah masa lalu sebagai fondasi yang sangat bernilai sebagai sebuah referensi menapaki masa kini dan masa depan”ujar nya.

Lanjut dia menjelaskan bahwa, “introspektif artinya peringatan hari ulang tahun kita jadikan sebagai mawas diri atau introspeksi diri, dengan demikian setiap etape kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan masa depan”jelas dia.

“Prospektif artinya melalui perayaan hari ulang tahun kita mendesain dan merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realitas dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah masa lalu.”lanjutnya menjelaskan pandanganya.

Ubaid dalam pendangan utuh nya “Setelah melakukan perenungan yang mendalam (kontemplatif)dipadukan dengan konsepsi analisis yang kuat dan diselaraskan dengan konteks dan Kkndisi awal kabupaten Halmahera Timur maka tersusun lah sebuah visi misi pembangunan dan pemerintahan yakni mewujudkan masyarakat maju dan sejahtera.Visi inilah menurut Orang nomor satu Hal-Tim ini visi inilah yang menjadi titik tolak pencapaian (ultimate goal) dan titik tuju (point of artival) dari seluruh proses rangkaian pembangunan sejak memulai memimpin Hal-Tim 3 tahun lalu”ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Ubaid Yakub juga menyampaikan “tantangan dalam merangkai gagasan menjadi kinerja, membangun irama kebersamaan, melakukan adaptasi dan revitalisasi birokrasi, serta meramu strategi mengatasi kapasitas fiskal adalah sekelumit tantangan sejak kami memulai pemerintahan”ungkapnya.

Menutup pidatonya “ijinkan saya untuk membacakan Deklarasi kerja sama Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur dengan Universitas Khairun Ternate “menetapkan Kabupaten Halmahera Timur sebagai pusat penelitian sagu di Maluku utara”

“Akhirnya kita memohon kehadiran Allah SWT kurang memberikan kekuatan lahir dan batin kepada kita semua serta membimbing cita-cita luhur masyarakat Hal-Tim menuju masa depan adil dan sejahtera”tutup Bupati Hal-Tim Ibaid Yakub menutup pidatonya.

Upacara peringatan HUT Hal-Tim berlangsung meriah dan penuh khidmat.Masyarakat Hal-Tim menyambut antusias dalam menyaksikan detik-detik HUT Hal-Tim dengan penuh antusias(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *